Senin, 31 Agustus 2009

Potensi Wisata Kota Sumedang.

Sumedang adalah sebuah kota kecil yang terdapat di antara dua kota besar, yaitu Bandung dan Cirebon. Kota ini sering dikenal sebagai tempat persinggahan bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan darat antara Bandung dan Cirebon. Ke khasan tempat ini adalah makananya, yaitu tahu sumedang yang terkenal memiliki cita rasa yang berbeda dengan makanan sejenis yang terdapat di kota-kota lain.



Jaman dahulu, wilayah Sumedang telah dikenal sebagai lokasi kerajaan Sumedang larang yang didirikan oleh Praburesi Tajimalela (kurang lebih 1340 - 1350) dengan wilayah meliputi: Sumedang, Garut (Limbangan), Tasikmalaya (Sukapura) dan Bandung.

Disaat Pajajaran di Bogor runtuh pada tahun 1579, pembesar dan senapatinya menyelamatkan atribut dan perangkat kerajaan ke istana Sumedanglarang ini. Raja terakhir Sumedanglarang adalah Prabu Geusan Ulun yang sempat memindahkan keraton dari Sumedanglarang ke daerah Dayeuh Kolot, beliau wafat pada tahun 1608 M.



Tidak banyak yang mengetahui bahwa Sumedang juga memiliki banyak potensi pariwisata, terutama wisata alam dan budaya.





Maubaca Artikel yg lain



2 komentar:

Vanilla Bean Dream mengatakan...

Iya, aku juga tahu tentang tahu sumedang yang enak itu. Bahkan disini, di Medan, ada yang jual tahu sumedang ^_^

Oh ya, kabarnya wisata alam disana memang bagus sekali

Agay mengatakan...

Bener sangat indah sekali terus sumedang bukan hanya terkenal tahunya aja loh banyak sekali potensi yang di miliki kota sumedang

Posting Komentar

JENDELA © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute